5 Hewan Unik Hasil Perkawinan Silang


Pernahkan kalian mendengar persilangan hewan?

Persilangan hewan biasanya tidak hanya dilakukan untuk melahirkan hewan baru yang unik, tapi bisa juga digunakan untuk membuat hewan yang lebih gemuk atau kebal dan tahan dari keadaan lingkungan ekstrim. Hewan-hewan dibawah adalah beberapa contoh hasil persilangan dari dua jenis hewan yang berbeda.

1. Tigon

Tigon merupakan hewan hasil persilangan antara harimau jantan dengan singa betina. Tigon memiliki bentuk kecil seperti singa betina tetapi memiliki corak mirip seperti harimau.

Yang membuat unik, Tigon memiliki loreng di tubuhnya dan memiliki bulu panjang di lehernya seperti singa jantan. Tigon juga dapat menirukan suara auman seperti harimau maupun singa.

2. Liger

Liger merupakan hewan hasil persilangan antara singa jantan dengan harimau betina.

Tubuh Liger berukuran sangat besar, bahkan jauh lebih besar daripada induknya. Namun, Liger ini sangat mudah terserang penyakit, mereka hanya dapat hidup di penangkaran.

Seperti induknya, Liger sangat suka berenang tetapi memiliki bentuk tubuh gagah seperti singa. Namun Liger tidak memiliki surai seperti singa. Liger terbesar yang pernah tercatat yaitu bernama Hercules yang mempunyai berat badan mencapai 410 kg, ia hidup di Junge Land, Amerika Serikat.

3. Leopon

Leopon merupakan hewan hasil persilangan antara macan tutul jantan dengan singa betina. Leopon memiliki corak seperti macan tutul dan memiliki bulu leher yang lebih sedikit daripada singa. Namun, ia memiliki tubuh yang kecil sehingga lincah seperti macan tutul.

4. Africanized Honey Bees

Lebah madu Afrika, yang juga dikenal sebagai lebah pembunuh, adalah jenis lebah yang lahir dari perkawinan silang antara lebah Afrika, dengan berbagai jenis lebah madu Eropa seperti lebah italia dan lebah spanyol. Persilangan ini membuat lebah ini sebagai penghasil madu yang paling produktif di antara jenis lebah madu lain.

5. Coywolf

Coywolf merupakan hewan hasil kawin silang antara coyote dengan serigala.

Mereka memiliki bentuk seperti serigala, mereka juga suka berburu di hutan. Namun dia takut mendekati pemukiman penduduk, lebih seperti sifat coyote.
Baca Yang Lain! ×

SUBSCRIBE & BAGIKAN KE TEMAN-TEMAN!

Berlangganan via email (gratis):

Sekilas tentang penulis : Eugenie

Hai saya Eugenie, salah satu penyumbang berita di MWAKTU.COM. Semoga dengan diterbitkannya website ini dapat menjadi sumber inspirasi dan informasi yang sangat bermanfaat khususnya di dunia pengetahuan umum.